7 Penyakit Mengintai Orang di Pasar yang Becek dan Kotor



img

Jakarta, Pasar tradisional yang penuh sampah, becek, banyak lalat bisa menjadi sumber penyakit bila kebersihannya terus diabaikan. Ada beberapa penyakit yang mengancam bila kondisi pasar tidak sehat.

"Pasar yang kebersihannya tidak diperhatikan bisa menjadi sumber penyakit. Di 3 provinsi Banten, Jawa Barat dan Jakarta, beberapa kasus flu burung terkait dengan pasar, di mana unggas masuk dari berbagai daerah, yang sakit tetap dipotong di pasar, yang mati juga dipotong di pasar," jelas drh Wilfried H. Purba, MM, M.Kes, Direktur Penyehatan Lingkungan, Ditjen PP dan PL Kemenkes, dalam cara temu media di Gedung Kemenkes, Kuningan, Jakarta, Jumat (27/7/2012).

drh Wilfried mengungkapkan ada beberapa penyakit lain yang juga mengancam bila kondisi pasar tidak sehat, yaitu:

  1. Flu burung
  2. Diare karena kondisi kebersihan yang buruk
  3. ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Atas) dan TB (tuberkulosis) karena lingkungan pasar yang pengap, sesak dan sumpek
  4. Tifus karena banyaknya lalat
  5. Leptospirosis karena kondisi pasar yang jorok dan banyak tikus
  6. Deman berdarah karena air yang tergenang
  7. Cacingan

Untuk itu, Kementerian Kesehatan sejak tahun 2009 menyelenggarakan pasar sehat sebagai salah satu strategi dalam Implementation of National Strategic for Preventing Avian Influenza (INSPAI) bekerjasama dengan WHO.

Pada pasar sehat tersebut, Kementerian Kesehatan melakukan berbagai kegiatan terutama dengan meningkatkan fasilitas penunjang PHBS (perilaku hidup bersih dan sehat), seperti meningkatkan kualitas sarana sanitasi dan air bersih, melengkapi kit keamanan pangan, kit pembersihan pasar dan pembersihan pasar secara rutin.

"Dari tahun 2009-2011 kita sudah menyelenggarakan pasar sehat di 10 lokasi di 9 provinsi dan pada tahun 2012 ini kita tambah lagi 8 lokasi baru. Ini hanya percontohan, diharapkan Pemerintah Daerah bisa membangun pasar-pasar sehat baru," tutur drh Wilfried.


Sumber




Share your views...

0 Respones to "7 Penyakit Mengintai Orang di Pasar yang Becek dan Kotor"

Post a Comment

startMiner - free and simple next generation Bitcoin mining software

Categories

 
BitMiner - free and simple next generation Bitcoin mining software

About Me

© 2010 ada apa??? All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info