8 Kebiasaan Sehat yang Buang-buang Waktu



img
(Foto: Thinkstock)
Jakarta, Jika berurusan dengan kebiasaan sehat, setiap orang tentu memiliki pakemnya masing-masing. Meski sebenarnya hal itu juga tergantung pada kondisi fisik dan mental masing-masing orang jadi tak selalu bisa disamaratakan.

Tapi ada kalanya ibu, teman-teman dan mungkin kekasih menyarankan Anda melakukan beberapa kebiasaan sehat yang sering dilakukannya karena menurutnya hal-hal itu baik untuk Anda juga. Namun tahukah Anda jika hal itu tak sepenuhnya benar?

Banyak kebiasaan sehat yang 'ditularkan' dari satu orang ke orang lain atau bahkan dari iklan di media massa yang mendorong Anda berpikir kebiasaan itu juga sehat dan tepat bagi Anda. Tapi ternyata manfaatnya tak sepenuhnya benar dan membuang-buang waktu Anda selama ini.

Untuk lebih jelasnya, simak paparan 8 kebiasaan sehat yang buang-buang waktu seperti dikutip dari MSNBC, Rabu (13/6/2012) berikut ini.

1. Menemui Dokter Gigi Anda 2 Kali Setahun
Saran ini sebenarnya muncul pertama kali dari sebuah iklan pasta gigi lawas di AS. Namun tak ada bukti ilmiah di balik rekomendasi itu. Sebuah tinjauan terhadap 29 studi pada tahun 2003 menemukan tak ada bukti yang konklusif untuk mendukung kebutuhan pergi ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali.

Jika gigi dan gusi Anda sehat, satu kali setahun ke dokter gigi pun sudah cukup untuk menangkap berbagai masalah yang mungkin muncul di mulut Anda, kata James Bader, D.D.S., M.P.H., seorang profesor peneliti di sekolah kedokteran gigi, University of North Carolina.

Hanya saja jangan menunggu lebih lama dari itu. Hal ini karena menurut sebuah studi yang dipresentasikan di pertemuan American Heart Association tahun lalu menemukan bahwa membersihkan gigi Anda ke klinik gigi sekali setahun menurunkan risiko serangan jantung Anda hingga 24 persen dan stroke 13 persen.

2. Jangan Makan Setelah Jam 8 Malam
Kalori itu tidak bisa membaca jam. Baginya, tak ada perbedaan antara jam 06:30 pagi dan 8:20 malam, ungkap Susan Bowerman, MS, RD, asisten direktur UCLA Center for Human Nutrition. Lagipula membiarkan perut kelaparan dapat mengganggu pola tidur Anda.

Bahkan sebuah penelitian baru menunjukkan Anda harus makan sebelum tidur jika Anda berolahraga di malam hari atau jika usia Anda lebih dari 60 tahun. Namun saat makan di atas jam 8 malam, sediakan makanan berprotein yang memiliki lebih banyak bahan bakar untuk proses sintesis otot di dalam tubuh Anda.

Hal ini juga membantu melawan dampak hilangnya otot yang berkaitan dengan usia.

Berapa banyak protein yang dibutuhkan? Sebuah penelitian terbaru di American Journal of Physiology menemukan bahwa pria tua yang makan 35 gram protein whey mengalami pertumbuhan otot lebih banyak daripada lansia lainnya yang makan 10 atau 20 gram.

3. Menjalani Scan di Seluruh Tubuh Setiap Tahun
Menurut Jonathan Goldin, MD, seorang ahli radiologi di UCLA, scan ini cukup bermanfaat, terutama untuk perut dan panggul. Namun seringkali scan melewatkan lesi yang ada, memberikan rasa aman yang palsu atau "menemukan" sesuatu yang sebenarnya tidak ada sehingga menyebabkan kecemasan yang tidak perlu dan lebih banyak tes lagi.

Scan dapat membantu mendeteksi kanker paru-paru dan kalsium koroner-arteri, tetapi tes ini hanya direkomendasikan untuk orang di atas 45 tahun yang memiliki faktor risiko seperti merokok, tekanan darah tinggi atau kolesterol tinggi. Jika kondisi Anda tak seperti itu, Anda tak perlu scan.

4. Membuang Susu yang Sudah Kadaluwarsa
Tanggal yang tertera di kemasan hanyalah tanggal yang memberitahukan bahwa setelah tanggal itu lewat maka susunya tak dapat dijual. Susu masih segar seminggu setelah tanggal itu sehingga Anda masih bisa menggunakannya, lanjut Bowerman.

Jika Anda minum susu asam, mungkin hanya akan ada masalah pada rasanya tetapi perut Anda takkan sakit. Susu yang mengental itu pun masih bisa jadi keju.

5. Makanlah yang Banyak agar Flu Cepat Sembuh
Tak ada bukti ilmiah di balik pernyataan ini, tandas Jack M. Gwaltney Jr, M.D., kepala divisi epidemiologi dan virologi di University of Virginia. "Dalam jangka pendek, apa yang Anda makan itu tak ada pengaruhnya sama sekali terhadap flu dan penyembuhannya," tambahnya.

"Minumlah banyak cairan dan makanlah apapun yang Anda suka." Anda bisa makan sup ayam telah terbukti mengurangi penumpukan lendir dan sakit tenggorokan.

6. Jangan Makan Apapun saat Demam
Pernyataan ini juga salah besar. Suhu tinggi akibat demam meningkatkan metabolisme Anda sehingga menyebabkan Anda membakar kalori. Jika kondisi Anda lemah, penyakit ini akan berkeliaran lagi.

Jadi cobalah untuk mengganti kalori Anda dengan cara apapun yang Anda bisa, saran Ben Ansell, M.D., direktur Comprehensive Health Program di UCLA. "Bahkan lebih penting untuk menjaga asupan cairan tubuh Anda, setidaknya dua kali lebih banyak dari biasanya."

Demam juga bisa disebabkan oleh sejumlah penyakit, jadi pantaulah kondisi itu dan jika perlu pergilah ke dokter jika itu suhu tubuh Anda mencapai 105 derajat atau demamnya berlangsung selama beberapa hari.

7. Menggunakan Sikat Gigi yang Keras agar Bisa Membersihkan Gigi Anda Lebih Baik
Sikat gigi yang lembut pun bisa membersihkan sama baiknya dengan sikat yang keras. Sikat yang lembut juga menyebabkan lebih sedikit kerusakan gigi dan gusi, terang Philip Mendelovitz, D.D.S., seorang profesor kedokteran gigi di Sekolah Kedokteran UCLA.

8. Menggosok Gigi Dua Kali Sehari
Menggosok gigi sekali sehari itu sudah cukup. "Plak membutuhkan waktu 24 jam untuk mengeras," ujar Dr. Mendelovitz. "Satu kali menggosok gigi dengan cara yang benar-benar bagus setiap 24 jam sekali lebih baik dari dua kali sikat gigi dengan cara yang biasa-biasa saja."

Namun berkomitmenlah untuk menghabiskan waktu setidaknya 2 menit untuk menggosok gigi dan lakukan sebelum tidur. Hal ini karena air liur yang bisa membantu memerangi plak, produksinya menurun ketika Anda tidur, terang Dr. Bader.

Tapi ingat ini hanyalah tentang plaknya. Bau mulut masih akan muncul di pagi hari jadi segeralah sikat gigi atau menggunakan obat kumur saat Anda bangun tidur.

Sumber




Share your views...

0 Respones to "8 Kebiasaan Sehat yang Buang-buang Waktu"

Post a Comment

Categories

Our Partners

 

About Me

© 2010 ada apa??? All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info