Rencana Hidup Itu Penting



Perencanaan adalah hal yang sangat penting dalam setiap kegiatan yang akan kamu lakukan. Tidak peduli apa profesimu entah pengusaha, wiraswastawan, olahragawan, atau pelajar, perencanaan yang baik menjadi salah satu faktor yang menentukan keberhasilan dan kegagalanmu. Kamu membuat perencanaan tidak hanya saat kamu mengerjakan proyek besar, tetapi hal-hal sederhana seperti liburan, pesta ulang tahun atau pertandingan olahraga, semua itu memerlukan perencanaan dan persiapan yang matang untuk mencapai hasil yang maksimal. Seperti kata pepatah: by failing to prepare, you’re preparing to fail... By failing to plan, you’re planning to fail.
http://lilinkecil.com/images/MembangunRencanaHidupUntukMemuliakanAllah.JPG

Berikut ini adalah 10 manfaat memiliki rencana dalam hidupmu:

1. Sebagai panduan dalam membuat keputusan atau bertindak

Inilah salah satu tujuan utama mengapa kamu harus memiliki rencana dalam hidup karena rencana memberimu panduan kemana arahmu berjalan. Kamu juga akan lebih mudah saat mengambil keputusan, karena kamu memiliki pegangan hidup supaya keputusanmu tidak membuatmu melenceng dari tujuan. Bayangkan jika kamu tidak memiliki rencana, kamu akan seperti orang yang tersesat karena kamu tidak memiliki sesuatu yang bisa menuntunmu ke tujuanmu. Apa kamu bisa membangun sebuah gedung 20 lantai dengan langsung membuat pondasinya, tanpa membuat desainnya terlebih dahulu? Tidak, kan.
http://zulfikaramin.files.wordpress.com/2010/08/04teacher-600.jpg

2. Mengetahui perkiraan modal yang dibutuhkan

Dengan terlebih dahulu membuat perencanaan, kamu bisa mengetahui seberapa banyak kira-kira modal yang kamu butuhkan untuk merealisasikan rencanamu. Tanpa perencanaan, kamu akan kesulitan untuk memperkirakan pengeluaranmu.
3. Membuatmu memiliki target
Setiap rencana pasti memiliki target yang harus kamu capai, entah per jam, per bulan, atau per tahun dan itu akan membawa hidupmu ke level selanjutnya ketika berhasil dicapai. Akan sangat menyedihkan apabila kamu tidak memiliki target dalam hidup, karena kamu tidak memiliki sesuatu untuk diperjuangkan.

4. Membantu untuk tetap fokus

Adakalanya saat kamu bekerja, kamu akan menghadapi gangguan-gangguan yang membuatmu kehilangan fokus dan berjalan ke luar dari jalur. Nah, dengan memiliki rencana, kamu dapat dengan mudah untuk kembali ke jalur yang benar. Caranya adalah dengan mengingatkan dirimu sendiri bahwa kamu memiliki pekerjaan yang harus kamu selesaikan dan target yang harus kamu capai agar rencanamu dapat berjalan dengan baik.
5. Membuatmu untuk tetap termotivasi

Semakin banyak yang bisa kamu selesaikan dari rencanamu, membuatmu semakin termotivasi untuk melangkah dan motivasi yang besar itu akan meningkatkan produktivitasmu juga. Kombinasikan rasa puas terhadap keberhasilanmu itu dengan impian-impian seperti ingin membahagiakan orang tua dan pasangan, ingin memiliki keluarga yang bebas masalah finansial, atau ingin berkeliling dunia maka saya jamin motivasimu akan semakin berlipat ganda.
http://2.bp.blogspot.com/_9t7dM_gGaFs/TKWCRsSEE0I/AAAAAAAAADI/G-oW4y6KY2A/s1600/menatap-masa-depan_3324_l.jpg
6. Siap untuk hal-hal yang buruk

Keuntungan lain memiliki rencana adalah kamu sudah memiliki tindakan preventif, antisipatif, dan alternatif ketika rencana utamamu tidak berjalan sesuai yang kamu harapkan. Jika sesuatu yang buruk terjadi (misalnya perubahan pasar, krisis ekonomi, perubahan cuaca, dll), kamu mampu beradaptasi dan bertindak sesuai dengan situasi. Ini merupakan hal yang penting, karena di dunia ini sesuatu yang buruk bisa datang kapan saja dalam bentuk apapun. Tentu saja supaya kamu bisa tetap survive, kamu harus mempersiapkan rencanamu secara matang.

7. Dapat memanfaatkan waktu secara efektif
Waktu adalah sesuatu yang tidak bisa kamu putar kembali, jadi kamu harus memanfaatkannya secara efektif. Perencanaan dan pengaturan timeline yang baik akan SANGAT membantumu untuk melakukan itu karena kamu sudah tahu kapan harus mengerjakan ini dan itu dan kapan harus beristirahat. Pemanfaatan waktu yang efektif akan membuatmu lebih cepat mencapai tujuan hidupmu.
http://personalitydinnyria.files.wordpress.com/2010/12/planning4.jpg
8. Dapat menggunakan sumber daya secara efektif

Ketika kamu bekerja di lingkungan yang serba terbatas, kamu akan mampu untuk memanfaatkan segala sumber daya baik modal maupun SDM secara maksimal. Seberapa efektif kamu memanfaatkan sumber daya yang kamu punya akan sangat menentukan output/hasil akhir yang kamu terima. Prinsipnya adalah mengeluarkan sedikit, hasil lebih besar (Spend less, greater result). Dengan perencanaan, kamu bisa melakukannya sejak awal kamu melangkah.

9. Mengurangi resiko dan ketidakpastian

Tentu saja tidak ada yang pasti di di dunia ini dan resiko selalu ada saat kamu melakukan sesuatu. Namun, dengan perencanaan yang baik, kamu dapat mengurangi kemungkinan hal buruk terjadi secara signifikan. Karena seringkali, meskipun bukan satu-satunya faktor, hal yang buruk terjadi karena kurangnya perencanaan dan persiapan.

10. Membuatmu lebih tenang dalam bertindak

Tidak adanya perencanaan dan persiapan, akan membuatmu tegang dan gelisah saat bekerja. Dengan merencanakan segala sesuatunya terlebih dahulu, secara psikologis kamu akan lebih merasa tenang karena kamu yakin bahwa kamu sudah siap.

http://2.bp.blogspot.com/_MtDl8HY19kY/TO5ZRHZ6KYI/AAAAAAAAAA8/Wat6g92HdZ4/s1600/management2-didin.jpg

Sumber




Share your views...

0 Respones to "Rencana Hidup Itu Penting"

Post a Comment

Categories

Our Partners

 

About Me

© 2010 ada apa??? All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info