9 Kebiasaan Tidak Sehat di Kantor



img
(Foto: ThinkStock)
Jakarta, Orang yang bekerja di kantor biasanya memiliki kebiasaan buruk yang tidak sehat, seperti terlalu lama duduk di depan komputer dan melewatkan makan siangnya. Hindari kebiasaan buruk tersebut agar Anda tetap sehat.

Berikut 9 kebiasaan tidak sehat yang sering Anda lakukan di kantor, seperti dilansir healthline, Senin (2/7/2012) antara lain:

1. Meja kantor yang berantakan

Meja kantor yang tak terawat dan berantakan dapat menyebabkan stres dan mempengaruhi efisiensi pekerjaan Anda. Selain itu, meja, telepon, dan keyboard komputer merupakan benda yang paling banyak ditempati kuman.

Bersihkan meja kerja Anda sekali seminggu, jika perlu gunakan tisu antibakteri untuk membasmi kuman. Mengatur meja kerja dapat meminimalkan ketegangan tubuh karena pekerjaan.

2. Gaya duduk yang salah

Anda mungkin akan menghabiskan banyak waktu untuk duduk di belakang meja kerja Anda di kantor, sehingga penting bagi Anda untuk menerapkan gaya duduk yang tepat. Sesuaikan tinggi kursi Anda sehingga kaki Anda rata memijak lantai dan lutut berada pada sudut 90 derajat.

Sesuaikan posisi layar komputer Anda sehingga tepat di depan mata Anda, kemudian miringkan layar komputer sedikit ke atas ke arah mata. Tempatkan siku pada sudut kanan saat mengetik pada keyboard Anda.

3. Duduk terlalu lama

Terlalu lama duduk tidak baik untuk kesehatan Anda karena dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Usahakan untuk bangkit dari kursi Anda dan berjalan-jalan kecil di sekitar ruangan kantor setiap jam. Hal ini akan membangunkan saraf yang tertidur karena kelamaan duduk dan darah akan mengalir lancar ke seluruh tubuh dan otak.

4. Bergosip

Bergosip di tempat kerja tidak hanya menghambat produktivitas, juga dapat mempengaruhi moral dan menimbulkan stres serta masalah psikologis bagi orang yang terlibat. Selain membuat kondisi psikologis Anda tidak sehat, gosip di lingkungan kerja juga dapat menyebabkan hubungan yang tidak sehat antara Anda dengan rekan kerja yang lain.

5. Ngemil yang tidak sehat

Makan makanan ringan di pagi dan sore hari dianjurkan untuk menjaga pikiran Anda agar tetap tajam dan tubuh berenergi. Makanan ringan juga dapat menjaga nafsu makan Anda sehingga Anda tidak makan berlebihan saat makan siang atau makan malam.

Tetapi ngemil yang tidak sehat seperti keripik, kue kering dan makanan asin lainnya dapat meningkatkan risiko terhadap obesitas. Sebaliknya, cobalah untuk ngemil sepotong buah atau segenggam almond atau kismis yang baik untuk kesehatan.

6. Melewatkan makan siang

Jangan sampai kesibukan dengan pekerjaan Anda membuat Anda melewatkan makan siang. Hal ini tidak hanya dapat mempengaruhi tingkat energi dan kemampuan untuk berpikir dan fokus, tetapi juga dapat menyebabkan makan berlebihan saat makan malam.

7. Makan di meja kerja

Makan siang adalah kesempatan untuk mengistirahatkan mental yang sangat dibutuhkan di siang hari, sehingga penting untuk makan siang di luar ruangan kantor Anda. Selain itu, jika meja kantor tidak pernah dibersihkan, makanan Anda akan tercemar oleh kuman-kuman di meja Anda.

8. Kurang minum air putih

Kebutuhan minum air putih harus selama bekerja tidak boleh diabaikan. Selain dapat menjaga tubuh dari dehidrasi, juga dapat menjaga pikiran tetap fokus dan mengekang nafsu makan yang berlebihan ketika makan siang.

9. Jam kerja yang panjang

Jam kerja yang panjang atau lembur setiap hari dapat meningkatkan risiko terhadap masalah kesehatan karena badan terus dipaksa bekerja tanpa ada waktu istirahat yang cukup. Cobalah untuk membatasi jam kerja Anda dan jangan membawa pekerjaan ke rumah. Manfaatkan waktu Anda di rumah untuk beristirahat bersama keluarga.

Sumber




Share your views...

0 Respones to "9 Kebiasaan Tidak Sehat di Kantor"

Post a Comment

Categories

Our Partners

 

About Me

© 2010 ada apa??? All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info