Macam Alergi Gatal Kulit



alergi gatal pada kulitIritasi dan gatal-gatal pada kulit bisa disebabkan karena banyak faktor termasuk panas, masalah pada sistem imun, pengobatan dan infeksi. Alergi gatal kulit merupakan salah satu gejala yang dapat timbul saat alergen (bahan penyebab alergi) memicu reaksi sistem imun. Alergi gatal kulit dibagi menjadi beberapa bagian misalnya:

Dermatitis

Dermatitis merupakan peradangan pada kulit. Salah satunya bisa disebabkan karena alergi. Gatal kulit alergi pada penyakit ini terjadi apabila terjadi kontak secara langsung antara alergen dengan kulit sehingga terjadi gatal-gatal dan kemerahan. Misalnya ada beberapa orang yang alergi terhadap logam nikel, jika memakai perhisan yang mengandung nikel orang tersebut bisa gatal-gatal di bagian yang kontak langsung dengan perhiasan yang mengandung nikel.

Ada juga radang kulit yang disebut sebagai atopic dermatitis (eksim). Merupakan kondisi kronis (lama dan progresif) karena reaksi sistem imun yang berlebihan di permukaan kulit. Atopic dermatitis (eksim) bisa disebabkan karena alergi terhadap zat kimia, protein tertentu, jamur dan lain-lain. Eksim juga sering dikaitkan denga asma, alergi pada hidung dan alergi makanan. Kebanyakan orang dengan eksim memiliki alergi pada makanan yang dapat bertambah parah jika memakan makanan penyabab alergi yang dimiliki.

Urtikaria

Kemerahan dan bentol-bentol besar pada anak sering disebut biduran. Merupakan reaksi peradangan di kulit yang disebabkan karena pelepasan histamin yang menyebabkan gatal-gatal, kemerahan, bentol-bentol besar.

Penyebabnya bisa dikarenakan makanan, perubahan suhu yang ekstrim, tergigit serangga, ulat bulu dan obat-obatan tertentu. Meskipun bentol-bentolnya terlihat besar dan kadang kemerahan pada kulit meluas dibanyak bagian tubuh tetapi penyakit ini tidak menular.

Angioedema

Ini hampir sama dengan aurtikaria bahkan sering juga disertai urtikaria. Yang membedakan adalah, angioedema terjadi pada bagian kulit yang lebih dalam misalnya bengkak kelopak mata, bibir/mulut atau kelamin. Penyebabnya juga hampir sama dengan urtikaria yakni bisa karena obat-obatan, serangga atau makanan.

Alergi Gatal Kulit yang tidak terlalu berat dapat diterapi dengan perubahan gaya hidup misalnya dengan cara menghidari bahan-bahan pemicu alergi seperti logam tertentu, bahan kimia, obat atau makanan penyebab alergi kemudian memperbaiki daya tahan tubuh dengan rajin berolahraga dan makan makanan bergizi.




Share your views...

0 Respones to "Macam Alergi Gatal Kulit"

Post a Comment

Categories

Our Partners

 

About Me

© 2010 ada apa??? All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info