Makanan Untuk Otot – Membentuk Tubuh Atletis bagi Pria



tubuh atletisSudah menjadi sifat dasar laki-laki berperilaku maskulin yaitu ingin tampil kuat, berperilaku agresif dan ingin mendominasi. Banyak cara yang dilakukan para pria salah satunya adalah membentuk otot. Untuk porsi latihan olahraga yang sama, pria dan wanita mungkin memiliki perkembangan otot yang berbeda ini karena perkembangan otot dipengaruhi oleh hormon testosteron.

Tubuh wanita dan pria berbeda itu sebabnya nutrisi dan latihan untuk pria dan wanita berbeda juga.

Merencanakan nutrisi

Pria aktif yang ingin mempunyai tubuh kuat, gempal dan sehat harus mengimbangi porsi latihan dan porsi makan. Untuk mengontrol ini yang menjadi acuan biasanya adalah berat badan dan tinggi badan.Cara menghitung berat badan yang ideal.

Nutrisi pokok yang harus dipenuhi yaitu kalori, lemak, protein dengan penekanan pada beberapa porsi harian buah, biji-bijan, kacang-kacangan, sayuran dan yang tidak kalah penting yaitu air yang cukup untuk hidrasi optimal.

Dalam setiap latihan olahraga intensitas sedang-tinggi hampir pasti terdapat kerusakan-kerusakan otot meskipun sedikit. Untuk memperbaiki otot-otot yang rusak kita memerlukan protein dan nutrisi-nutrisi lainnya

Makanan yang bersahabat dengan otot

Sayur dan buah – Seperti semua jenis diet sehat, diet (pengaturan makan) untuk tujuan apapun entah untuk menurunkan berat badan atau untuk membentuk otot harus memenuhi nutrisi-nutrisi penting dalam tubuh. Kebutuhan vitamin, mineral dan serat dapat di temukan dalam sayur-sayuran dan buah-buahan.

Susu rendah lemak – susu rendah lemak atau susu skim menyediakan vitamin, karbohidrat dan protein. Nutrisi yang terkandung dalam susu rendah lemak diantaranya vitamin D, kalsium dan potasium. Susu coklat adalah minuman pemulihan yang enak dan baik untuk otot. Bagi yang tidak tahan dengan laktosa mungkin dapat mentolerir yoghurt atau bisa menggantinya dengan susu kedelai.

Daging – merukapan sumber protein tinggi. Mengandung zat besi untuk membentuk hemoglobin dalam sel darah merah sebagai transportasi oksigen ke sel-sel tubuh. Daging juga mengandung mengandung asam amino leusin yang diduga menjadi pemicu pertumbuhan otot.

Daging ayam tanpa kulit – selain protein, daging ayam tanpa kulit memberikan zat besi dan seng yang bermanfaat untuk sistem kekebalan tubuh.

Telur – telur sudah menjadi makanan wajib yang harus dikonsumsi saat seorang pria ingin membentuk tubuh atletis. Banyak laki-laki yang membuang kuning telur karena banyak mengandung lemak. Hal itu salah karena telur mengandung hampir semua asam amino esensial dan mengandung lutein yang baik untuk kesehatan mata.

Kacang dan biji-bijian – kacang-kacangan dan biji-bijian mengandung protein nabati, vitamin, karbohidrat, serat dan anti oksidan.

Saat seseorang latihan untuk membentuk otot maka akan lebih cepat lapar karena kebutuhan energi dan nutrisi lain yang meningkat. Kita harus tahu dan dapat mengontrol berapa berat badan yang diinginkan. Kontrol dan konsistensi sangat diperlukan. Lakukan olahraga untuk tujuan lifestyle, bukan hanya sekedar membentuk otot.




Share your views...

0 Respones to "Makanan Untuk Otot – Membentuk Tubuh Atletis bagi Pria"

Post a Comment

Categories

Our Partners

 

About Me

© 2010 ada apa??? All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info