Kebiasaan Sehari-hari yang Bisa Sebabkan Jerawat



Kebiasaan Sehari-hari yang Bisa Sebabkan Jerawat




Saat berjewarat mungkin biasanya Anda menyalahkan hormon atau makanan. Padahal kebiasaan yang tidak Anda sadari sehari-hari juga dapat menjadi penyebab rutin jerawat mampir di wajah.

"Orang yang mudah berjerawat dilahirkan dengan sel kulit empat sampai lima kali lebih banyak dari rata-rata orang, sehingga menghasilkan minyak lebih banyak dari rata-rata orang juga," jelas Annet King, direktur International Dermal Institute yang kliniknya tersebar di berbagai belahan dunia itu seperti dikutip Total Beauty.

Jadi, apa saja kebiasaan membuat wajah jadi mudah dihiasi jerawat? Ini dia daftarnya:

1. Penggunaan Make-up yang Tidak Tepat
Berikut ini bahan-bahan yang terkandung dalam make up yang harus Anda waspadai dalam penggunaannya:
- Pewarna buatan: jika terdapat FD & C dalam daftar bahan make up, berarti produk tersebut mengandung warna buatan. Bahan ini dapat mengiritasi kulit dan jika terdapat dalam lipstik atau blush on, dapat menyebabkan jerawat di sekitar mulut dan pipi Anda.

- Lanolin: ini merupakan istilah ilmiah dari sebum domba (sebum = minyak). Meskipun bahan ini baik bagi Anda yang berkulit kering, namun buruk bagi kulit yang rawan berjerawat.

- Minyak Mineral: Bahan ini menutupi sel kulit mati dan bakteri penyebab utama jerawat dan juga dapat menimbulkan milia, tonjolan putih kecil pada kulit Anda.

- Minyak: bahan ini menggunakan minyak asli. Anda tidak harus benar-benar menambahkan lebih banyak minyak pada wajah Anda.

- Isopropil Miristrat: bahan ini tidak hanya dapat membuat kulit Anda kering, tapi juga menyumbat pori-pori dan menyebabkan iritasi kulit.

- Pewangi buatan: ini juga dapat mengiritasi kulit dan menybabkan jerawat. Cobalah untuk tidak menggunakan produk make up yang mengandung wewangian.

2. Mengeringkan Wajah Secara Berlebihan
Menghapus kelebihan minyak secara berlebihan dapat membuat kulit iritasi. Dengan dikeringkan secara berlebihan, kulit justru akan memproduksi minyak lebih banyak. Hal itu karena kulit secara alami mencoba memperbaiki dan menyeimbangkan kondisi yang ada dengan memproduksi lebih banyak minyak.

Jaga agar kulit Anda tetap terhidrasi dengan menggunakan pembersih wajah yang dibuat khusus untuk kulit mudah berjerawat, kemudian gunakan pelembab agar kulit tidak menambahkan produksi minyak. Anda juga dapat menggunakan mattifying moisturizer pada daerah yang mengkilap di siang hari untuk menyerap minyak tanpa menyebabkan pengeringan kulit berlebihan.

3. Tekanan
Jerawat disebabkan oleh tekanan fisik pada wajah Anda, seperti pemakaian ponsel terus-menerus, biola, atau hanya menumpukan tangan pada wajah saat menghindari silau. Tekanan ini mengekspos kulit Anda terhadap bakteri. Solusinya: berhenti menekankan objek pada wajah Anda. Jika Anda tidak dapat menghindarinya, rajin-rajinlah membersihkan wajah untuk meminimalkan bakteri.

4. Stres
Stres juga dapat menjadi penyebab kulit Anda berjerawat. Anda dapat mencoba untuk menjadi lebih rileks untuk meminimalisir kemungkinan munculnya jerawat.

5. Malas Mengganti Pakaian & Perlengkapan Tidur
Pakaian, handuk, sarung bantal, dan seprai yang tidak bersih, mengandung banyak sel kulit mati dan bakteri. Ganti secara rutin sarung bantal dan seprai Anda sekali atau dua kali seminggu dan gunakan handuk bersih setiap hari. Menggunakan deterjen dan pelembut yang mengandung lemak hewan dan pewangi juga dapat menyebabkan iritasi dan jerawat.

6. Produk rambut yang Anda Gunakan
Produk rambut yang mengandung minyak, silikon, dan plasticizer akan menyumbat pori-pori jika rambut sering menyentuh kulit Anda. Jika Anda ingin memiliki potongan rambut berponi, sebaiknya Anda tidak menggunakan produk dengan bahan-bahan tersebut.


Sumber




Share your views...

0 Respones to "Kebiasaan Sehari-hari yang Bisa Sebabkan Jerawat"

Post a Comment

Categories

Our Partners

 

About Me

© 2010 ada apa??? All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info