10 Hal Berbahaya yang Biasa Dilakukan Ketika Online



Banyak kebiasaan kita ketika online yang terkadang justru membuat kita sendiri rugi, bahkan tanpa kita sadari.
 sukague.com
Hal-hal seperti keamanan, privasi, bahkan kesehatan PC / laptop kita seringkali menjadi sasaran atas kelengahan kita ketika sedang asyik online. Berikut 10 hal yang perlu kita perhatikan ketika online :

1. Memberi Centang “Keep me signed in” ketika memakai PC umum.

Jangan pernah memberi centang “Keep me signed in” di website yang biasa kita kunjungi selain di PC / laptop pribadi kita. Pastikan untuk selalu me Log Off setiap apapun yang kita Login. Menghapus jejak dengan membersihkan cookies browsing juga disarankan. Bisa juga dengan memakai Incognito (di Chrome), InPrivate Browsing (IE).


2. Lupa Mengupdate OS, Java, Adobe Reader, Adobe Flash

Java, Adobe Reader, Adobe Flash adalah jalan yang seringkali dipakai untuk melakukan pembobolan keamanan. Salah satu cara untuk menghindarkan diri dari target adalah dengan selalu mengupdate ketiga software ini. Memiliki Operating system yang selalu update juga akan meningkatkan keamanan PC / laptop kita.

3. Mencari Berita Gosip Selebritis dan yang Berkaitan Tentangnya (misal : video, dsb)

Selalu waspada untuk mencari material yang berkaitan dengan isu-isu semacam diatas. Pembuat malware tahu bahwa hal-hal tersebut merupakan sarana yang tepat untuk menyebarkan malware. Jika memang harus mencari berita semacam itu, carilah di sumber yang terpercaya seperti Google News, Yahoo News dan sejenisnya dan juga situs yang sudah biasa anda kunjungi (seperti dhaniels.com hehehe)

4. Memakai BitTorrent untuk Mendownload Material Bajakan

Tidak ada jaminan kalau material bajakan terkadang juga diselipkan malware didalamnya. Untuk lebih amannya sangat disarankan mendownload dari situs-situs resmi.

5. Mencari Free Porn

Ini juga salah satu yang mempunyai traffik tinggi. Banyaknya pemakai internet yang mencari Free Porn juga bisa menjadi sasaran empuk bagi para pembuat malware, terlebih lagi jika situs yang disediakan gratisan.


6. Game Online (free to play, social games di Facebook dan sejenisnya)

Hati-hati ketika kamu mendownload klien dari game online gratis, kemungkinan juga diselipkan malware dari si pembuatnya. Jangan memberikan informasi loginmu kepada siapapun, terutama yang kamu kenal sewaktu bermain game, bisa jadi uang virtualmu akan dicuri atau bahkan kamu akan kehilangan uang sungguhan.

7. Membiarkan Setting Privasi Facebook Terbuka Lebar

Setting ulang privasi Facebookmu. Jangan biarkan teman dari temanmu bisa melihat semua informasi mengenai dirimu seperti tanggal lahir, alamat, nomer telepon / HP, dsb. Untuk berjaga-jaga supaya tidak digunakan untuk kejahatan. Selalu selektif dalam memilih teman.

8. Menyambung ke Wifi / HotSpot yang Tidak Dikenal

Di area publik, hati-hati ketika kita hendak menyambungkan piranti kita ke wifi / hotspot. Selalu pilih jaringan yang resmi dari tempat dimana kamu berada. Jika kita menyambungkan ke jaringan yang tidak diketahui, orang-orang yang tidak bertanggung jawab bisa mengambil data atau informasi penting dari pirantimu.

9. Memakai Password yang Sama untuk Semua Akun

Ini kebiasaan yang mungkin sudah kita lakukan. Jika kamu demikian, maka hati-hatilah dalam menjaga login dan passwordmu, karena ketika passwordmu jatuh ke tangan orang lain, maka semua akun online mu sedang terancam. Saranku, pakailah beberapa password untuk akun yang berbeda, untuk akun-akun penting seperti email dan facebook, pakailah password yang beda dengan akun yang lainnya.

10. Berusaha Untuk Mendapatkan iPad Gratis, Playstation 3 dari Situs Scam / Phising

Ingat! tidak ada hal yang benar-benar gratis. Jauhi penawaran gratisan online yang tidak didukung oleh merk yang terkenal.

Demikianlah 10 kebiasaan online kita yang dapat menyebebabkan kerugian pada diri kita sendiri. Semoga bermanfaat.


Sumber




Share your views...

0 Respones to "10 Hal Berbahaya yang Biasa Dilakukan Ketika Online"

Post a Comment

Categories

Our Partners

 

About Me

© 2010 ada apa??? All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info