Tips Jitu Belanja Hemat




Berbelanja di supermarket bisa jadi agenda bulanan Anda. Malah terkadang Anda bisa lebih dari satu kali dalam sebulan datang ke supermarket. Ketika berbelanja, wanita terkadang tidak bisa mengontrol diri untuk membeli barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Apalagi pihak supermarket pintar membuat pembeli tergoda dengan memberikan diskon atau penawaran harga menarik.

Ketika hal di atas terjadi, alhasil budget belanja bulanan pun jadi membengkak. Anda semakin 'terjebak' pada godaan diskon di supermarket. Bagaimana agar bisa berbelanja sesuai kebutuhan? Berikut triknya seperti dikutip dari Helium:

1. Perhatikan dengan Cermat Katalog Bulanan Supermarket
Setiap bulan, supermarket besar seperti Giant, Carrefour atau Lotte Mart selalu mengeluarkan katalog bulanan. Jika memungkinkan, sebelum belanja, baca dulu katalog tersebut dengan baik. Perhatikan barang apa saja yang sedang didiskon dan memang Anda butuhkan. Lalu tulis, barang-barang yang Anda ingin beli.

Sebulan sekali atau setiap minggu, supermarket akan memberitahukan mereka sedang memberikan diskon untuk barang apa saja. Sebaiknya Anda tahu kapan waktunya pihak supermarket membuat diskon baru ini agar Anda bisa berbelanja di saat yang tepat.

2. Buat Daftar Belanja & Menu Makanan
Di tengah kesibukan Anda mengurus anak dan suami, usahakan Anda menyempatkan diri untuk membuat menu makanan harian. Menu tersebut sangat berguna agar Anda tahu bahan masakan apa saja yang perlu dibeli di supermarket dan bisa disimpan dalam waktu lama.

Membuat daftar belanja juga sebaiknya Anda lakukan sebelum berbelanja ke supermarket. Daftar belanja ini bisa membuat Anda tidak lupa barang apa saja yang harus dibeli, sehingga Anda tidak perlu bolak-balik ke supermarket. Dengan kembali ke supermarket, kecenderungannya Anda bisa belanja lagi lebih banyak.

Tak hanya itu, daftar belanja juga bisa membuat Anda fokus pada barang yang dibutuhkan. Daftar tersebut bisa menahan Anda dari godaan membeli barang yang sebenarnya tidak perlu.

3. Selalu Ingat Kapan Ada Diskon Besar
Piak supermarket akan mengadakan diskon besar-besaran untuk sejumlah produk pada beberapa kali dalam setahun. Jika memang Anda memiliki budget yang cukup, tidak ada salahnya membeli barang tersebut dalam jumlah banyak. Namun ingat, banyak di sini tentu saja harus disesuaikan dengan kebutuhan.

4. Lebih Besar Belum Tentu Lebih Murah
Beberapa barang kini tersedia mulai dari kemasan terkecil hingga paling besar. Tanpa sadar, Anda kerap berpikir, barang yang sudah dikemas dalam ukuran lebih besar, pasti lebih murah. Mulai sekarang, cobalah lebih teliti. Bandingkan dulu harga barang mulai dari ukuran dan harganya. Benarkah yang lebih besar lebih murah atau justru dengan membeli beberapa barang berukuran lebih kecil Anda lebih hemat?

5. Bandingkan, Bandingkan dan Bandingkan
Dengan harga yang semakin lama semakin mahal, Anda harus semakin cermat dalam berbelanja. Untuk beberapa produk yang memang harganya cukup mahal, jangan malas untuk membandingkan antara supermarket satu dengan yang lain. Misalnya saja untuk produk susu dan pampers bayi. Terkadang ada perbedaan harga yang cukup lumayan di antara supermarket tersebut.

6. Jangan Berbelanja di Saat Lapar
Di saat lapar, Anda jadi cenderung membeli barang yang tidak dibutuhkan. Kondisi lapar membuat Anda jadi tertarik membeli berbagai produk makanan yang dalam pikiran Anda sepertinya sangat enak untuk dimakan.


Sumber




Share your views...

0 Respones to "Tips Jitu Belanja Hemat"

Post a Comment

Categories

Our Partners

 

About Me

© 2010 ada apa??? All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info