GUNA SIRIP PADA SILINDER HEAD DAN BLOK SILINDER



Ngomongin sirip pada silinder dan kepala silinder, mesti belajar lagi ilmu perpindahan panas ( Heat Transfer ). Para ahli menyebutkan , panas dialirkan atau berpindah melalui tiga proses. . Tiga teori itu masing Konduksi, konveksi, dan radiasi masing – masing membedakan aliran panas berdasarkan media nya.

Konveksi, aliran panas pindah lewat molekul – molekul . Contoh, pada waktu kita merebus air, air panas yang dibawah naik ke atas. Apikasi pada motor ya Radiator.

Konduksi, dicontohkan pada aliran panas dari dinding silinder merambat menuju sirip – sirip silinder. Semakin luas permukaan silinder, semakin cepat pula transfer panas yang dialirkan dan dibuang ke udara.

Tapi perlu di ingat!!!.Bahwasanya sirip silinder dan sirip kepala silinder sudah diatur oleh pabrik pembuat motor agar suhu mesin pada kondisi optimal. Apabila sirip silinder terlalu banyak mesin sulit untuk mencapai suhu optimal. Begitu juga sebaliknya, apabila sirip terlalu sedikit akan mengakibatkan mesin OVERHEAT. Mesin akan ngelitik dan susah lari.

Dan sirip silinder dan kepala silinder biasanya terbuat Almunium atau logam yang gampang menyalurkan panas. Akhir – akhir ini para remaja sering meniru – niru motor drag race dengan melobang sirip – sirip silinder dan kepala silinder, hal ini sangat berbahaya untuk motor yang di pakai untuk keperluan sehari – hari. Karena aliran panas akan terhambat oleh lubang.

Bentuk dari sirip silinder dan sirip kepala silinder sengaja dibuat tipis dan berkisi – kisi. Dengan tujuan agar di dapat permukaan yang luas. Sehingga mudah melepas panas ke udara bebas.
Pendinginan mesin agar lebih baik jikalau motor dalam keadaan bejalan.Karena mesin mendapatkan hembusan angin dari depan. Bandingkan jika anda berkendara di kemacetan kota dan berkendara di jalur bebas hambatan. Pasti temperatur mesin beda. Lebih cool untuk jalur bebas hambatan.

Mengapa sirip kepala silinder 2 tak lebih lebar dari 4 tak ? Itu karena mesin 2 tak lebih panas daripada 4 tak dan untuk mesin 2 tak bebek masih di tambah kipas pendingin yang di gerakkan kruk
as (crankcase). Kesimpulan akhir, sirip di buat untuk jalan aliran panas mesin.


Sumber




Share your views...

0 Respones to "GUNA SIRIP PADA SILINDER HEAD DAN BLOK SILINDER"

Post a Comment

Categories

Our Partners

 

About Me

© 2010 ada apa??? All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info